Manfaat Baterai Bekas HP

Baterai Hand Phone, merk apa saja bisa kita manfaatkan untuk menggantikan baterai konvensional yang berukuran kecil, seperti pada baterai remote tv, mouse wireless, dll, yang membutuhkan voltase kerja 3,5 sd 3,7 volt. Jenis baterai yang pernah digantikan fungsinya oleh penulis antara lain seperti gambar dibawah ini.

Baterai Remote

Baterai Remote


Remote TV Tuner

Remote TV Tuner

Perlu diketahui sebenarnya kalaupun baterai hp diakatakan sudah “habis” dan perlu dicharge lagi, menurut penulis bukan karena voltasenya yang habis, tapi mungkin lebih disebabkan oleh semacam “counter” electronik yang tertanam dalam rangkaian pembatas arus baterai. Pembatas arus tersebut berfungsi mencegah overload pada saat baterai dicharge ulang. Nah jika rangkaian ini rusak, walaupun baterai dicharge dengan hp-nya, indikator hp tak akan menunjukkan bahwa baterai dapat terisi penuh.

Baterai HP Bekas (lihat tanda + dan -)

Baterai HP Bekas (lihat tanda + dan -)

Tetapi bisa saja memang voltasenya berkurang sehingga arusnya tak mampu menyuplai hp anda. Nah baterai dengan kondisi seperti ini bisa kita gunakan untuk menggantikan baterai remote, bahkan sampai 1 tahun lebih tidak perlu charge lagi. Lihat gambar berikut untuk buktinya (remote sampai usang karena umur).

Remote Modif

Remote Modif

Untuk menggantikan baterai tersebut dengan baterai handphone yang sudah tidak terpakai langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Pastikan polaritas positis (+) dan negatif (-) baterai bekas hp sudah anda ketahui dengan tepat. Contoh lihat gambar.

Polaritas Baterai HP kiri +, kanan -, tengah abaikan.

Polaritas Baterai HP kiri +, kanan -, tengah abaikan.

2. Untuk baterai berukuran kecil seperti diatas tidak perlu membuang rangkaian pembatas arusnya, kalau tidak salah malah mungkin tidak ada. Pembatas arus ada di hp masing-masing. Sedangkan untuk baterai lama seperi baterai Nokia pisang, perlu dibongkar dan dibuang rangkaian pembatas arusnya sehingga tinggal cel nya saja. Lihat gambar dibawah.

Cel Baterai Nokia Pisang dan CDMA dalam lakban kuning.

Cel Baterai Nokia Pisang dan CDMA dalam lakban kuning.

3. Selanjutnya bongkar remote anda dan cari terminal/tempat baterai yang bertanda positif, kemudian solderlah dengan kabel berwarna merah untuk memudahkan pembedaan dengan terminal negatif. Kemudian terminal negatif disolder dengan kabel hitam ukuran kecil.

Menyolder terminal temapt baterai remote tv.

Menyolder terminal temapt baterai remote tv.

4. Bila anda ingin memasukan baterai kedalam remote, mungkin perlu membongkar casing remote agar baterai bisa masuk. Selanjutnya solderlah kabel merah pada ujung yang belum disolder dengan terminal positif baterai hp bekas, dan yang hitam dengan terminal negatifnya.

solder pada bagian terminal baterai sesuai tandanya.

solder pada bagian terminal baterai sesuai tandanya.

5. Kencangkan sendiri fisik baterai dengan remote atau bungkus dengan lakaban sesuai dengan selera anda.

Semoga bermanfaat dengan membuat baterai bekas kembali bermaanfaat anda telah berpartisipasi dalam pencegahan polusi.

Tag: , , , , , , , , ,

2 Tanggapan to “Manfaat Baterai Bekas HP”

  1. sociopolitica Says:

    Terima kasih pak guruiler. Informasi-informasi di blog anda ini berguna. Bisa membantu ‘penghematan’ anggaran rumah tangga, karena membantu mengurangi kebiasaan main buang main ganti. Apa anda juga ada solusi untuk memperbaiki kembali kemampuan baterry komputer jinjing yang sudah melemah. Atau, adakah cara untuk meningkatkan daya tahan battery laptop dari misalnya 2 jam menjadi 3 jam? Thanks.

  2. rochmatsalim Says:

    Sementara Isu yang ada adalah direffil dengan zat kimia di toko kimia.

    Kalau saya pribadi, bongkar saja baterai itu dan ganti isinya dengan yang masih bagus/baru. Next time akan saya upload. Maaf banyak tugas kuliah jadi belum sempat….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: