Kesalahan-Kesalahan Kecil Pembawa Petaka

“Pak…komputerku sering ngehang ditengah-tengah, trus ada petunjuk “you are not allowed to run this program without priviledge administrator”
Sebuah SMS dari customer yang notabene mahasiswa TI di sebuah akademi.
Saya tidak akan membahas cara-cara perbaikan dari error diatas. Oleh karena itu saya balas langsung “ya instal ulang aja…” Eh maaf, tapi walau ada cd originalnyapun belum tentu user ini bisa instal ulang.

Sebenarnya, masalah-masalah fatal seperti ini bisa kita cegah melalui beberapa trik yaitu bermain komputer secara tepat.

Komputer zaman sekarang ini begitu dimanjakan oleh sistem operasi yang berbasis GUI. Begitu mudahnya sehingga setiap icon yang diklik akan langsung memanggil program yang terkait dengan ikon tersebut. Bahkan bayi yang baru lahirpun sekarang bisa menjalankan sebuah program. Akibat dari kemudahan ini berbanding terbalik dengan keamanan PC baik data maupun program applicationnya.

Beberapa kesalahan kecil yang sebenarnya bisa kita hindari diantaranya adalah :

1. Jangan terlalu percaya flashdisk kita itu “suci” dari virus. Oleh karenanya kalau sudah ada akses internet, printer, ngapain pakai flashdisk. Pekerjaan kantor kan harus dibawa pulang? Atasi dengan cara bodon saja walau tak menjamin aman dan biaya murah. Emailkan aja file itu dari kantor ke akun email anda. Atau simpan didirektori penyimpanan online kalau itu tidak terlalu rahasia.

Kata kunci “waspadai flashdisk”. Penggunaa program proteksi file di flashdisk justru kadang merepotkan orang awam. Atau sekali pakai keluar, format ulang flashdisk Anda.

2. Jangan membuka file dokumen apapun dari EXPLORER, usahakan jalankan dulu program aplikasinya baru buka file yang akan diedit/diprint. Bahkan dosen TI pun masih melakukan seperti ini. Jika dokumen sudah bervirus maka file tersebut akan diload terlebih dahulu bersama virus, dan bersembunyi dalam data daripada program aplikasi yang selalu link dengan antivirus.

Jangan percaya ada multitasking, multiprogramming, dan multi-multi yang lain. Tak ada hal yang bisa dikerjakan oleh materi secara bersama-sama dalam satu waktu. NONSENS. Hanya selisih waktu sepersekian juta detik. Jadi masih ada celah untuk virus menyelinap.

Kata kunci “Buka Program, baru data” akan lebih menyelamatkan PC anda.

3. Kesalahan Fatal adalah membuka start program di windows dengan klik kanan start lalu explore. Ini sebenarnya jalan yang agak bodoh untuk mengakses sumber daya PC, dan ini akan memperlama akses anda kepada data yang dibutuhkan. Bandingkan dengan Klik Kanan My Computer lalu EXPLORE. Hasilnya anda akan berhemat sekitar dua detik. Langkah pertama sebenarnya adalah membuka menu start program, bukan mengakses sumber daya PC. Juga jangan biasaka open My Computer, karena keterangan tentang properti data atau file tidak langsung terlihat. Dengan demikian Anda tidak akan tahu apakah file Word sudah berganti Application atau belum. Hal ini menandakan file terinfeksi atau tidak.

4. Hapuslah atau remove icon beberapa program yang ada di start up, yaitu di kanan bawah taksbar. Icon program yang ada disana, adalah icon program yang akan diload saat operating sistem dinyalakan. Jika salah satu program ada yang terkena virus, sementara program antivirus lambat meload diri kememory, alamat program antivirus sudah ditaklukan oleh virus. Jadi remove icon program yang ada di start up melalui Run, MsConfig, Start UP.

5. Periksalah program aplikasi apa saja yang dijalankan oleh system maupun network, dengan mengklik CTRL+ALT+DEL sekali bersamaan. Setelah keluar Task Manager, klik pada TAB Proccess, nah disitu akan tampil program yang diload oleh system maupun network. Perhatikan file-file yang tidak dikenali, misal dengan ekstensi .tmp, klik kanan file tersebut, lalu klik END PROCESS

Semoga lima hal di atas bisa mencegah masalah yang bisa timbul seperti pada sms di atas. Tips lain akan saya upload di waktu yang akan datang.

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: