SKRIPSIKU

PROPOSAL

 

REMASTERING MANDRIVA LINUX POWER PACK 2010 SEBAGAI DISTRO VERSI PENGEMBANG

(STUDI KASUS LAZARUS, PHP, DAN MYSQL)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disusun oleh :

Nama       : Rochmat

NIM           : 09075003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STMIK YMI TEGAL

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

2011

REMASTERING MANDRIVA LINUX POWER PACK 2010 SEBAGAI DISTRO VERSI PENGEMBANG

(STUDI KASUS LAZARUS, PHP, DAN MYSQL)

 

1.1.  Latar Belakang

Perkembangan Teknologi Informasi sekarang ini berjalan sangat cepat, terbukti makin merosotnya harga- harga kebutuhan Teknologi sehingga mulai dapat dengan mudah dijangkau oleh masyarakat. Perkembangan tersebut diiringi perangkat lunak yang melatarbelakanginya.

Secara garis besar perangkat lunak terbagi menjadi dua yaitu perangkat lunak dengan hak cipta dan perangkat lunak tanpa hak cipta. Perangkat lunak dengan hak cipta bersifat tidak bebas (non free) dengan sifat close source, sedangkan perngkat lunak tanpa hak cipta bersifat bebas (free) dengan sifat open source. Perangkat lunak dengan hak cipta menawarkan banyak kemudahan dalam pemakaian walaupun hal ini harus diikuti dengan konsekuensi membayar sesuai dengan harga yang dipatok oleh produsen. Perangkat lunak tanpa hak cipta menawarkan kehandalan dan kestabilan dengan  kemudahan modifikasi tanpa membayar biaya lisensi yang ada.

Perangkat lunak tanpa hak cipta yang merupakan perangkat lunak bebas mengandung arti bahwa perangkat lunak tersebut dapat dimodifikasi, diperbanyak, disebarluaskan, digandakan, bahkan dijual sesuai keinginan pengguna. Kebebasan tersebut, bukan berarti bebas biaya sama sekali. Biaya tetap bisa dikenakan atas perangkat lunak yang dikembangkan namun tidak bersifat komersil atau bisnis. Biaya yang dikenakan semata-mata hanya sebaga pengganti media dimana perangkat itu disimpan.

Salah satu contoh perangkat lunak bebas adalah Linux. Linux merupakan perangkat lunak bebas, yang handal dari berbagai kekurangan perangkat lunak berbayar seperti produk-produk Microsoft. Kehandalan linux diantaranya adalah tidak mudah dirusak oleh virus, lebih sedikit memakai resources komputer, stabil, dan dapat dijalankan pada komputer dengan spesifikasi yang rendah. Linux mempunyai banyak keunggulan, namun sayang masih jarang digunakan karena berbagai alasan yang salah satunya adalah lebih sulit digunakan. Jangankan pada level pemakai awam, pemakai profesional seperti pengembang (programmer) saja masih sangat sedikit yang menggunakannya sebagai dasar dari sistem perangkat lunak yang dikembangkannya.

Kendala-kendala yang ada pada linux sebagai dasar sistem pengembangan perangkat lunak disebabkan salah satunya oleh kurangnya perangkat lunak yang tersedia yang dapat dengan mudah langsung digunakan tanpa repot mengkonfigurasikan sesuai keinginan pengembang. Walaupun banyak pula kendala lain termasuk kurang dikenal dan dikuasainya perangkat lunak pengembang yang berbasis linux baik yang sama tipenya dengan yang ada diwindows maupun berbeda sama sekali.

Berdasarkan paparan di atas penulis berencana membuat penelitian dengan judul “REMASTERING MANDRIVA LINUX POWER PACK 2010 SEBAGAI DISTRO VERSI PENGEMBANG (STUDI KASUS LAZARUS, PHP, DAN MYSQL)”.

 

1.2  Rumusan Masalah

Dalam pembuatan skripsi ini, penulis akan memberikan suatu solusi tentang :

  1. Bagaimana membuat turunan linux dari distro Mandriva Power Pack 2010 dengan Draklive ?
  2. Bagaimana membuat turunan linux dari distro Mandriva Power Pack 2010 yang berisi paket program untuk pengembang berupa Lazarus, PHP, dan MySql ?

1.3   Batasan Masalah

Pada penulisan ini, penulis hanya akan membatasi pada pembuatan distro turunan Mandriva Power Pack 2010, dengan menggunakan tool berupa Draklive yang memuat paket Lazarus, PHP, dan MySQL ditujukan untuk pengguna pengembang perangkat lunak.

1.4   Tujuan Pembuatan

Tujuan dari diadakannya penelitian, perancangan, dan pembuatan remastering linux Mandriva Power Pack 2010 dalam menunjang penulisan skripsi ini adalah untuk :

  1. Lebih memasyarakatkan Linux dikalangan perguruan tinggi.
  2. Lebih memasyarakatkan metode remastering di kalangan programmer.
  3. Membuat basis data yang aman dan stabil bagi programmer yang bebas dari hak cipta.

1.5   Manfaat Penulisan

Manfaat yang akan didapat dari penulisan skripsi dalam pembuatan distro linux turunan Mandriva Power Pack 2010 ini adalah sebagai berikut :

  1. Memudahkan para programmer dalam membuat aplikasi Data Base yang berbasis PHP dan MySql dalam sistem operasi Linux.
  2. Menekan biaya pengeluaran pembelian software-software yang mempunyai hak cipta.

 

 

 

 

1.6.        METODOLOGI PENELITIAN

 

1.6.1.   Jenis Dan Sumber Data

  1. Data Primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari lokasi penelitian. Data tersebut dapat berupa:  distro Mandriva Power Pack 2010 yang belum dimodifikasi, tutorial remastering, manual program, perangkat lunak pendukung, serta data-data lain yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
  2. Data Sekunder, yaitu data yang diperoleh dari sumber lain selain dari lokasi penelitian, yang berupa literature-literatur yang ada hubungannya dengan masalah penelitian.

 

 

1.6.2.   Teknik Pengumpulan Data

Adapun teknik pengumpulan data dalam penulisan adalah sebagai berikut:

  1. Pengamatan langsung (Observasi).

Merupakan metode pengumpulan data dengan melihat prosesnya langsung, dalam hal ini adalah proses aliran informasi yang berupa proses remastering sejak masih dalam bentuk data mentah sampai menjadi sebuah produk yang siap digunakan.

  1. Wawancara (Interview).

Merupakan metode pengumpulan data dengan cara Tanya jawab yang dilakukan penulis dengan pihak terkait dari berbagai sumber.

  1. Studi Pustaka (Literatur).

Merupakan metode pengumpulan data dari buku yang telah ada dan memuat data yang diperlukan oleh penulis.

 

1.6.3.       Teknik Analisa Data

Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengumpulkan paket untuk analisa kebutuhan, analisis paket, mengembangkan dan memilih alternatif tindakan, uji coba model baru, uji reaksi, penambahan paket baru untuk diagnosa, analisa ulang dan pengembangan serta revisi model.

 

1.7.    Sistematika Penulisan

Untuk memperjelas permasalahan terhadap penelitian ini, maka diuraikan tentang sistematika pembahasan dari kerja praktek ini sebagai berikut.

Bab I Pendahuluan. Pada bab ini diuraikan tentang apa yang mendasar dilaksanakan penelitian ini yaitu latar belakang masalah, perumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.

Bab II Landasan Teori. Pada bab ini akan menguraikan tentang teori Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Operasi, Linux Mandirva Power Pack 2010, Remastering, Draklive, Lazarus, PHP, dan MySql.

Bab III  Analisa Sistem. Dalam bab ini menguraikan tentang analisa kebutuhan perangkat lunak dan perangkat keras pendukung remastering, pengumpulan paket untuk analisa kebutuhan, analisis paket, mengembangkan dan memilih alternatif tindakan, uji coba model baru, uji reaksi, penambahan paket baru untuk diagnosa, analisa ulang dan pengembangan serta revisi model.

Bab IV Rancangan Sistem. Dalam bab ini membahas mengenai rancangan produk remastering, pemilihan kernel, dekstop environment, antar muka grafis, paket plihan pengembangan, metode remastering, metode instalasi dan dokumentasi, pembuatan distro dan bakcup program.

Bab V Penutup. Berisikan kesimpulan hasil penyelesaian yang dibuat dan saran-saran dari penulis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Usulan Peneltian

REMASTERING MANDRIVA LINUX POWER PACK 2010 SEBAGAI DISTRO VERSI PENGEMBANG

(STUDI KASUS LAZARUS, PHP, DAN MYSQL)

Yang Diajukan Oleh :

ROCHMAT

NIM: 09075003

Telah Disetujui Oleh :

Pembimbing

…………………………..

Tanggal :

…………………………………….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: