UAN BIKIN PUSING ?

Kurang dari 120 hari lagi, putra-putri kita akan menghadapi salah satu event, yang cukup”menentukan” masa depan mereka. Apalagi kalau bukan UAN? Sebuah ajang nasional yang tertulis bertujuan untuk mengukur standar kulaitas prestasi anak negeri. Di satu pihak kita merasa bangga bahwa, dengan semakin naiknya nilai kelulusan menandakan semakin berkualitasnya pendidikan kita? Di lain pihak tentu tidak sedikit yang “terbebani” dengan peraturan ini. Bagi mereka yang telah terbiasa terdidik untuk berprestasi maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah.  Lain halnya dengan mereka yang orang kebanyakan, di mana sekolah adalah sebuah “beban” demi tujuan yang acapkali tidak mereka pahami? Mungkin terlihat sederhana, tidak tahu tujuan sekolah? Mana mungkin…Yach memang kalau kita bertanya pada mereka untuk apa mereka sekolah, tentu akan dijawab dengan jawaban yang bersifat normatif. Tapi benarkah mereka betul-betul memahami dan menghayati semua itu? Bukankah selama ini mereka terjajah oleh peraturan dan kurikulum? Lalu mana tujuan pendidikan yang membebaskan? Apa ada yang salah dengan pendidikan kita? Apa buah simalakama akan terus terjadi? Kita mencetak orang cerdas dan pintar tetapi hanya akan menjadi alat-alat Kapitalisme? atau menciptakan manusia biasa yang jujur hidup apa adanya, tdk takut ketinggalan jaman, karena memang tidak mau mengikuti perkembangan jaman? Butuh orang yang sangat baik untuk memimpin negeri ini agar bisa sedikit mengurai ruwet dan rancunya pendiikan kita. Akhirnya mana yang kita pilih, pendidikan sebebas-bebasnya bagi anak didik kita tanpa kurikulum ? atau seperti sekarang ini? bandingkan ilmu yang diperoleh dengan uang sekolah 2jt di bangku sekolah dengan dibangku iler? (Baca:Internet Learning).

4 Tanggapan to “UAN BIKIN PUSING ?”

  1. sitirositah Says:

    assalammualaikumwr.wb
    menurut saya UAN itu tidak sepenuhnya membuat kita pussing asal kita bisa belajar dengan tekun mungkin adanya UAN malah bisa membuat kita menjadi semangat untuk mencapai cita-cita.
    wassalam

  2. wainiken Says:

    assalamualaikumwr.wb
    saya setuju dengan pendapat sitirositah karena dengan kita belajar yang tekun insyaallah kita bisa lulus. aminyarobbilalamin

  3. alfajarrain Says:

    assalamualaikum
    aku juga setuju karena tanpa belajar kita gak bakalan bisa pinter
    biar UANbikin pusing kita harus tetap semangat.
    Cia you

  4. squot Says:

    Sebenarnya tidak bikin pusing. Hanya saja, banyak yang ambil pusing dalam UAN… Takut gak bisa jawab, takut soalnya telalu susah, takut gak lulus, dan takut semuanya….. Untuk apa diambil pusing dengan perasaan takut itu???hehe….
    Yang penting, lakukan saja yang terbaik! Lulus atau tidak lulus, itulah kemampuan kita sejauh ini!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: