With or By Love ?

Ada kritik untuk pendidikan kita:
1. Mengapa kita tidak pernah membiarkan apa yang dicintai anak kecil kita sampai dia dewasa, termasuk pilihan studi, adakah polling yang menunjukkan bahwa pekerjaan kita adalah yang benar-benar kita cintai sejak kecil?
contoh: saya paham komputer sejak kelas 6 sd, sampai sekarang makin cinta dan enjoy. Cause I can get money from it with easy ! dan juga elektronika sejak saat yang sama sudah bisa.

contoh2: saya biarkan anak saya menyukai komputer sejak kecil (13bln) dengan segala resikonya, hasilnya sekarang (5th) sudah bisa game online dsb.

Bukankah itu menunjukkan cinta sejati? Kegagalan kita adalah tidak bisa jatuh cinta pada pandangan pertama kehidupan.

2. Mengapa kurikulum sangat KAKU dan tidak membebaskan pendidikan sebebas-bebasnya?
Tidak usah ada raport, penilaian dan tetek bengek …
Karena…orang bisa tanpa di UJI pun akan ketahuan bisa dari pada orang yang pura-pura bisa?

3. Mengapa kita tidak pernah merancang dengan serius setiap detik nasib kita? Niat! itulah kuncinya. Niat menurut saya bukan sesuatu yang diada-adakan. Ia adalah sebuah kabar dari Tuhan bahwa kita akan mendapatkan sesuatu yang kita kerjakan dengan NIAT.

4. Hanya ada 4 hal yang dirahasiakan Tuhan, yang lain…tentunya kita bisa tahu sendiri kan? 4 hal tersebut justru agar bisa kita rancang sendiri. Siapa jodoh kita? ayo kita pilih, dimana rejeki kita? ayo kita cari!, selamat atau celaka kita? ayo kita siapkan kewaspadaan, Kapan kita mati? Ga usah dipikir pasti datang sendiri. Pikirkan sedikit, kerjakan yang ada. Sambil bekerja, berpikir, sambil berpikir bekerja.

Maaf tulisan ini kepanjangan….ada juga pendapat saya yang tidak dimuat di Kompas tahun 2006, tentang Konsep Pendidikan Manusia…silakan lihat di https://guruiler.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: